Tera MMO: Perjuangan Menjadi Inovatif dengan Tantangan Berulang - Tera seharusnya meluncurkan dirinya pada tahun 2004, menggantikan dominasi World of Warcraft dalam dunia MMO, karena menawarkan pengalaman pertempuran yang jauh lebih dinamis dan skill-based. Dalam Tera, pertempuran bukan hanya soal menekan tombol, tetapi melibatkan aksi akrobatik, menghindari serangan, dan mengatur posisi. Dibandingkan dengan pertempuran statis dalam MMO tradisional, Tera memberikan kesan "real-time" yang lebih mendalam. Setiap kelas, seperti Warrior atau Slayer, membutuhkan keterampilan mengendalikan posisi dan timing serangan yang presisi, yang membuat setiap pertarungan terasa lebih memuaskan.
Namun, Tera mengalami masalah besar pada elemen-elemen selain combat. Quest dalam permainan terasa monoton dengan variasi musuh yang minim dan cerita yang datar. Misi-misi yang berulang, seperti "bunuh 10 musuh ini" atau "ambil 25 item itu", membuat proses leveling menjadi membosankan. Cerita yang disuguhkan terasa generik dan tidak mendalam, hanya menjadi latar belakang untuk kegiatan grinding. Bahkan elemen crafting dan gathering terasa sia-sia karena loot dari musuh seringkali lebih unggul dibandingkan hasil crafting.
Walaupun PvP dan dungeon menawarkan pengalaman yang lebih menarik, banyak pemain merasa bahwa mereka terjebak dalam dunia yang terlalu repetitif setelah beberapa waktu. Boss dunia besar, atau BAM (Big Ass Monsters), memang menawarkan tantangan menarik yang mirip dengan pertempuran di game seperti Monster Hunter, namun keseruan ini perlahan hilang seiring meningkatnya level. Setelah level 40, variasi tantangan dalam pertempuran pun mulai berkurang.
Satu fitur unik Tera adalah sistem pemilihan Vanarch, yang memungkinkan pemain untuk memilih pemimpin daerah yang dapat mengatur pajak dan membuka fasilitas baru. Meskipun menarik, sistem ini belum cukup berkembang saat ulasan ini ditulis, dan hanya pemain level 50 yang bisa berpartisipasi.
Secara keseluruhan, Tera menawarkan pengalaman pertempuran yang memuaskan, tetapi terlalu banyak elemen yang terasa terabaikan. Meskipun memiliki potensi untuk menjadi game MMO yang luar biasa, banyak aspek dari permainan ini yang terasa tidak dimaksimalkan. Jika Anda mencari MMO dengan cerita yang lebih kuat dan variasi gameplay yang lebih banyak, Tera mungkin masih belum bisa memenuhi harapan.